Mengenal bakteri Escherichia coli

Pada umumnya jika kita mendengar kata bakteri, yang langsung terbayang adalah makhluk amat kecil yang berbahaya karena menyebabkan berbagai penyakit. Bakteri Escherichia coli adalah salah jenis bakteri yang sering dibicarakan. Cukup banyak masyarakat yang tahu E. coli namun hanya sebatas bakteri ini adalah penyebab infeksi saluran pencernaan. Namun banyak sebenarnya yang patut diketahui dari bakteri ini.

Escherichia coli

Escherichia coli

 

E. coli merupakan bakteri berbentuk batang dengan panjang sekitar 2 micrometer dan diamater 0.5 micrometer. Volume sel E. coli berkisar 0.6-0.7 micrometer kubik. Bakteri ini termasuk umumnya hidup pada rentang 20-40 derajat C, optimum pada 37 derajat.
Kita mungkin banyak yang tidak tahu jika di usus besar manusia terkandung sejumlah E. coli yang berfungsi membusukkan sisa-sisa makanan. Dari sekian ratus strain E. coli yang teridentifikasi, hanya sebagian kecil bersifat pathogen, misalnya strain O157:H7. Bakteri yang namanya berasal dari sang penemu Theodor Escherich yang menemukannya di tahun 1885 ini merupakan jenis bakteri yang menjadi salah satu tulang punggung dunia bioteknologi. Hampir semua rekayasa genetika di dunia bioteknologi selalu melibatkan E. coli akibat genetikanya yang sederhana dan mudah untuk direkayasa. Riset di E. coli menjadi model untuk aplikasi ke bakteri jenis lainnya. Bakteri ini juga merupakan media cloning yang paling sering dipakai. Teknik recombinant DNA tidak akan ada tanpa bantuan bakteri ini.
Banyak industri kimia mengaplikasikan teknologi fermentasi yang memanfaatkan E. coli. Misalnya dalam produksi obat-obatan (insulin, antiobiotik), high value chemicals (1-3 propanediol, lactate). Secara teoritis, ribuan jenis produk kimia bisa dihasilkan oleh bakteri ini asal genetikanya sudah direkayasa sedemikian rupa guna menghasilkan jenis produk tertentu yang diinginkan. Jika mengingat besarnya peranan ilmu bioteknologi dalam aspek-aspek kehidupan manusia, maka tidak bisa dipungkiri juga betapa besar manfaat E. coli bagi kita.
Jika ingin mengetahui lebih lanjut, silakan bertanya.
Atau bisa link ke
About these ads

119 Responses

  1. Bagi yang tertarik juga pada mikroorganisme lain seperti yeast Saccharomyces cerevisiae silakan cek:
    http://yalun.wordpress.com/2008/11/23/mengenal-ragi-saccharomyces-cerevisiae/

    Yang ingin tahu bagaimana fermentasi gula menjadi alkohol:
    http://yalun.wordpress.com/2008/12/14/bagaimana-mikroorganisme-bisa-menghasilkan-alkohol/

  2. Apakah bakteri e coli masih bisa aktif (hidup) di dalam balok es, setelah mengalami proses produksi pembuatan balok es selama 24 jam pada suhu minus 18 derajat celcius?

  3. Ya, hampir semua bakteri bisa bertahan dalam kondisi beku. Dalam artian tidak fully active namun mati suri. Bahkan salah satu cara mengawetkan bakteri dan yeast adalah mencampur kultur dengan glycerol (30-40 %) dan disimpan di -80 deg C.

    Jika air mentah mengandung bakteri dalam jumlah banyak dibekukan memang sebagian besar sel pecah akibat molekul es. Namun sebagian kecil yang bertahan hidup akan tumbuh dengan cepat begitu es dicairkan dan cukup nutrisi. Sehingga sering terjadi orang sakit akibat es yang terkontaminasi. Orang Indonesia umumnya relatif lebih resisten namun jika orang bule negara maju minum es Indo kemungkinan besar bisa masuk UGD, he he.

    Pak Rahmat juga bisa cek di: http://www.emeraldinsight.com/Insight/ViewContentServlet?Filename=Published/EmeraldFullTextArticle/Articles/0701030402.html

    Nanti saya akan tulis artikel tentang teknik-teknik sterilisasi habis libur X’mas.

  4. bagaimana potensi E.coli untuk memfermentasikan glukosa?Bagaimana proses dan langkah kerjanya?

  5. Mekanisme metabolisme glucose oleh E. coli dijelaskan singkat di http://yalun.wordpress.com/2008/12/14/bagaimana-mikroorganisme-bisa-menghasilkan-alkohol/
    Sedangkan untuk metabolisme sucrose oleh E. coli bisa dilihat di http://yalun.wordpress.com/about/
    Perlu diingat jika metabolisme tiap-tiap mikroorganisme sedikit berbeda walaupun secara umum banyak persamaan.

  6. Bagaimana mekanisme terputusnya senyawa kimia E.coli jika disinari dengan sinar ultraviolet bila dibantu dengan katalis Titanium Dioksida? pada sebuah reaktor alir?

  7. Maaf, saya tidak mempelajari mekanisme destruksi sel oleh proses photocatalytic UV/TiO2. Memang ada beberapa jurnal yang mempublikasikan riset ini.

  8. mbk mas saya mau tanya mengenai bacteri yang satu ini

    apakah bakteri E. coli mempunyai ketidak cocokan dengan sperma. . .saya pernah dengar bahwa bila menelan sperma maka bacteri E, coli yang ada di usus saya akan mati.

    apakah itu benar?

  9. Bayu, itu sama sekali tidak benar.

  10. Dear pak Yalun,
    I am Aries Satriyo from Bandung. How are you , pak Yalun ? I think everything is O.K. ., and How about you ? Do you remember me ? I am was suggest you about The Silk Road in your webpages several months ago. Pak Yahlun, I have some project in Bioethanol from Sagu Starch. Will you be my partner in this project ? It’s plant have took in West Papua province and I have met with the person who was involed in it. Maybe, you and I could join in Consultant Engineering. We are have established some consulting firm in Electrical also Renewable Energy and have an office building. I will have waited your reply.

    Best Regards,
    Aries Satriyo.

    My email address is ariessatriyo@gmail.com

  11. makasih infonya… tadi temenya temenku nyuruh nyariin tentang bakteri e coli… akhirnya ke blog sampean… makash yach

  12. Kepada Yth ., mas YALUN,

    mas YALUN , maaf baru sekarang saya memberi kabar dan menulis pesan di Wall WordPress-nya mas Yalun. Untuk project BIETHANOL dari sagu , belum ada kabarnya , mas sampai sekarang ini. Adapun alasan dari teman saya , perusahaan tambang yang mendanai terkena imbas Crisis Global sehingga tahap pembuatan dan desainya terhenti untuk sementara waktu. mas YALUN , sekarang ini saya ada project untuk BIODIESEL dan CARBON SEQUESTRATION di Jakarta untuk masalah Regulasi dengan Pemda DKI dan sekarang dalam tahap pengusulan proposalnya. Nanti apabila berhasil saya akan mengontak mas YALUN untuk urusan Consulting Engineering-nya. Sekian kabar baik dari saya , mas ., nanti saya akan sambung lagi.

    Terima kasih banyak atas perhatiannya.

    Aries Satriyo.

  13. Kepada Yth ., mas YALUN,

    Ada perbaikan sedikit mengenai BIODIESEL..
    Didalam proses reaksi pembuatan Biodiesel tidak ada bakteri atau mikroba yang dipakai didalamnya , hanya ada reaksi transesterifikasi ( base-catalysed transesterification mechanism ).

  14. blh tahu bgaimana bakteri e-coli menjadi parameter kondisi air tanah yang tercemar? thx b4!

    • Hampir semua E. coli tidak berbahaya (non pathogen). Namun ada strain E. coli tertentu yg berbahaya krn menyebabkan infeksi saluran pencernaan cukup parah, yaitu strain O157:H7.

      E. coli di alam terbuka hidup di dalam tanah. Jika terjadi pencemaran (umumnya organik yg ditandai BOD yg tinggi), ini menjadi media pertumbuhan yg baik buat bakteri ini yang seterusnya menyebabkan peningkatan konsentrasi E. coli dalam tanah. Saat hujan turun atau salju mencair, semakin banyak bakteri ini yg terbawa air tanah lalu ke sungai.

      Maka, konsentrasi E. coli yg tinggi di air tanah dan sungai mengindikasikan pencemaran tanah.

  15. apakah benar bakteri e colli mati pada 0 derajat Celcius?

    • Sebagian E. coli akan bertahan walaupun dibekukan. Anda bisa cek reply saya ke salah seorang pembaca artikel ini di atas.

      • artikel apa ya sist??cz aq rncana mw skripsi mmeriksa e colli pd air es,,,tp aq bingung,,,e colli kira2 kalo di air es msh bs hdup pda suhu brp?n mati pda suhu brp

      • E. coli tidak bisa mati semua dengan pendinginan atau pembekuan. Pasti masih ada yang bertahan. Hanya bisa mati oleh antiobiotik, UV, suhu tinggi > 100.

  16. mari menjalin relasi sesama blog pengetahuan,…

    http://ww.try4know.co.cc

  17. mas Yalun , Yth.,

    Gimana kabarnya , mas Yalun . Saya Aries Satriyo dari Bandung. Apakah ada waktu untuk chatting dg saya di Yahoo Messenger (YM) , jika mas Yalun punya nickname di YM. Saya lagi ngurus Regulasi BIOFUEL dg Dep. Energi dan Sumber Daya Mineral.
    Nickname saya di YM adalah : aries _satriyo
    Kapan studinya selesai , mas Yalun ? Jika mas Yalun ada waktu luang. Salam untuk keluarga mas Yalun disini.
    Terima kasih sebelumnya .

    Aries Satriyo.

  18. apa bahayanya bakteri ini bagi wanita?mohon di jelaskan

    • Secara umum tidak ada perbedaan antara bahaya bagi pria maupun wanita. Bakteri ini bisa menyebabkan diare, infeksi saluran kencing, dll. Namun perlu diketahui sebagian besar strain E. coli tidak berbahaya.

  19. apakah ada antibiotik untuk membunuh bakteri e.coli yg ada di dlm perut ? krn stlh operasi pengangkatan rahim ibu sy dinyatakan dokter ada bakteri e.coli.

    • Bakteri E. coli di usus adalah wajar krn memang di semua usus besar manusia dan mamalia lainnya dijumpai bakteri ini untuk membantu proses pencernaan. Tapi kalau sampai ditemukan di luar usus, mungkin berbahaya (tergantung jenis/strain E. coli nya). Tentu dokter Anda seharusnya harus lebih tahu dan menjelaskannya lebih baik.

      Saya bukan dokter medis, bidang saya di bioengineering. Yang saya kerjakan, di lab dan industri, E. coli yg tidak direkayasa genetika (wild type) umumnya tidak dapat hidup jika ada antibiotik seperti ampicillin dan chloramphenicol. Seharusnya antiobiotik seperti Amoxicillin sudah cukup.

  20. saya ingin bertanya… apakah e.coli mungkin bisa mencemari air dari sumber pencemar seperti sampah, perpipaan yang kotor, dan binatang pengganggu seperti kecoa dan tikus?? mohon penjelasannya..

    • E. coli bisa berada di mana saja asal ada sumber nutrient yg cukup. Bisa di tanah atau air tanah yg tercemar.

  21. mas, kalau gitu bakteri E coli itu lebih banyak merugikan atau menguntungkan…… kalau gitu antara manusia dengan E coli di saluran pencernaan itu termasuk jenis interaksi apa???

    • Menguntungkan atau tidak tergantung kita sendiri. Saya menilai lebih banyak menguntungkan mengingat kemajuan di bidang bioteknologi dan teknik kimia tidak akan bisa dicapai tanpa bakteri ini.

  22. setuju

  23. Mas, kemarin anak saya diare dan telah menjalani tes kultur faeces, dan dinyatakan ada kuman E.Coli, strain EPEC (-)/negatif. Pada beberapa Antibiotik uga sudah resisten (Ampicilin, amoxcilyn, Cefadroxil, Cefuroxime, dan sampai sekarang, anak saya masih sering BAB encer (> 4 kali sehari). Apa penyebabny? Bagaimana cara untuk menyembuhkannya? apa yang harus diubah dari pola makannya (susu)?mksh bgt sebelumnya?

    • Mas Hans,
      Saya bukan pakai kedokteran. Namun saya coba bantu. E. coli EPEC (Enteropathogenic) bisa menyebabkan diare pada manusia dan hewan. Umumnya bisa ditangani dengan amoxicillin, cephalosporins, carbapenems, nitrofurantoin, dll. Namun bukannya hasil test menyatakan EPEC negatif?

      Infeksi E. coli biasanya masuk lewat mulut. Bisa dari makanan yang terkontaminasi. Jika pola makan setahu saya tidak menjadi masalah asal gizinya pas dan cukup. Anak Anda perlu istirahat dan menjaga kebersihan. Hal-hal ini juga lebih baik dikonfirmasi dengan dokter.

  24. Salam.
    mas saya kena bisul di lipatan pantat, bisul itu muncul setelah saya operasi ambien dan sampai sekarang bisul itu masih ada setelah saya lab kan ternyata nama/jenis bakteri yg menyebakan bisul saya adalah Escherichia coli
    minta tolong antibakteri untuk bakteri itu apa mas

  25. mas emang tidak semua bakteri itu jahat

  26. hmm…
    Pak Yalun saya salah satu mahasisi dari SSE Jaksel,
    Kan, E. Coli itu bermanfaat untuk membusukan sisa-sisa makanan dalam usus kita.
    Saya pernah dengar informasi, bahwa salah satu bahaya dari meminum obat yang mengandung antibiotik itu akan menyababkan bakteri mati, baik bakteri yang bermanfaat ataupun yang merugikan.
    Dulu saya pernah memiliki penyakit KP (Koch Pulmo
    ), dan saya diberi obat oleh dokter yang mengandung antibiotik.
    Kini saya merasa, pencernaan kurang lancar.
    Yang jadi pertanyaan,
    Bagaimana dengan kondisi E. COli yang saya miliki?
    Jika kurang, bagaimana cara untuk memperolehnya kembali secara alami?
    Trima kasih atas informasi yang akan bapak berikan.

  27. Bakteri ini saluran pencernaan tidak hanya E. coli. Cek di http://en.wikipedia.org/wiki/Gut_flora.
    Mau memperoleh bakteri usus secara alami ya jalani saja hidup Anda seperti biasa, kalau perlu minum supplement seperti Yakult. Pencernaan kurang lancar bisa karena berbagai sebab, tidak hanya karena ketidakseimbangan flora usus.
    Tapi coba cek: http://en.wikipedia.org/wiki/Gut_flora#Effects_of_antibiotic_use
    Saya bukan dokter medis, silakan tanya ke yang lebih mampu.

  28. Bu saya mau tanya…
    bahan komposisi untuk pembuatan medi pertumbuhan bakteri yang baik untuk bakteri e.coly dan s.aureus pa saja?
    Terima kasih

    • Silakan coba medium Luria Betani (LB) = 1 % tryptone, 0.5 % yeast extract, 1 % NaCl.

      • trypton tu pa sama dengan pepton? 1%, 0,5% tu pa persen dari berat total media yang dipakai? media pertumbuhan yang saya tanyakan untuk untuk uji anti bakteri dari ekstrak tanaman. yang saya tahu untuk media dipakai pepton, ekstrak daging dan agar, cuma saya tidak tahu komposisinya. bagaimana menurut bapak/
        Terima kasih

  29. Maaf pak saya kira anda perempuan

  30. apakah bakteri e. colli juga menghambat pertumbuhan anak ???

  31. bayai sy 5 bulan terserang e coli, penyebabnya dia tidak diberi asi tapi susu instan, gimana cara pencegahannya

    • E. coli pathogen bisa dari mana saja, tidak harus dari susu instant. Jgn lupa mayoritas E. coli justru tidak berbahaya. Cuci tangan Anda sebelum mengasuh bayi dan pastikan peralatan bayi bersih dan steril.

  32. trypton tu pa sama dengan pepton? 1%, 0,5% tu pa persen dari berat total media yang dipakai? media pertumbuhan yang saya tanyakan untuk untuk uji anti bakteri dari ekstrak tanaman. yang saya tahu untuk media dipakai pepton, ekstrak daging dan agar, cuma saya tidak tahu komposisinya. bagaimana menurut bapak/
    Terima kasih……

  33. Tryptone berbeda dgn peptone. 1 % = 10 g/l larutan total. Kalau pakai agar plate, agarnya 15 g/l. Untuk uji sterilitas sebenarnya tidak masalah medium apa asal termasuk rich medium. Rich medium termasuk LB, SOB, SOC, M17, dll, termasuk medium yg menggunakan meat extract.

  34. bagai mana pencegahan dan penanganannya “e kolli

  35. Tx for the info, hahaha
    Berguna bgt nichh…

    click here : jevanjoe.blogspot.com

  36. mas, apa ada bakteri e-coli yang tidak bisa mati walaupun kita sudah memasak air dengan baik dan bakteri itu menetap di tubuh kita hingga menyebabkan meiningitis?

  37. mas saya butuh info dan data strain escerichia coli, dimana saya bisa menemukannnya? bukankah banyak sekali?

  38. z mw nanx…. jika bakteri eschericha coli dapat hidup di air apa ada kemungkinan bakteri itu masuk ke dalam usus/pencernaan ikan…..? trus seandainya dapt masuk dan berkembang di dalam usus ikan mengapa gas yg dihasilkan bakteri itu tdk menghasilkan kentut pada ikan…? maksih………….

  39. Mas,,saya mw tanya nee,,klw cara menghilangkan bakteri e coli dalam air limbah domestik menggunakan apa y,,??
    Terima ksh,,

    • Air limbah domestik mengandung banyak jenis bakteri, tidak hanya E. coli. Secara alami, tanah/pasir/batu menjadi filter yang menyaring bakteri. Tapi jika jumlah limbah amat banyak tentu alam tidak sanggup mengolahnya.

  40. pak,kan di singkong ada bakteri E. coli juga, nah untuk identifikasi adanya E.coli di singkong itu bagaimana?terus kerusakan yang dapat terjadi di singkong apa pak?

  41. pak , saya mau nanya kebutuhan gizi dalam e. Coli apa saja ??
    Trus kira2 apakah d minuman yg menggunakan es balok seperti d restoran itu d duga trkontaminasi e. Coli yaa??
    sbaiknya utk identifikasi e. Coli menggunakan medium apa yaa pak ?
    EMB agar atw ENDO ??
    Thx sblumnya.

  42. tlg krim kan balasannya k email saya yaa..
    srisukmaagustini@rocketmail.com
    mksh.

  43. pak, jadi simbiosis apa yg terjadi antara manusia dg e.coli?

  44. pak, mengenai masalah e coli sebagai penghasil vitamin K, bagaimana metabolismenya hingga ia mampu menghasilkan vitamin?terimakasih banyak,artikel anda sangat bermanfaat

  45. bagaimana cara mengisolasi enzim panisilin G asilase dari bakteri E.coli…..?

  46. Selamat malam,
    Pak, saya mempunyai masalah yang sangat berat, sudah 2 tahun ini, di mulut saya selalu ada lendir2, kadang2 merasa sakit, sering sariawan, saat menelan air liur terasa mengganjal, air liur mengental/tidak cair seperti dulu., mulut dan lidah terasa pahit dan yang sangat menggangu, mulut saya jadi bau sekali seperti septik tank, jadi sampai sekarang saya tidak bisa bebas bicara karena semua orang selalu menghindar dan menutup hidung bila ada saya. kemudian saya mengalami infeksi saluran kencing dengan gejala sering kencing sedikit2 dan tidak tuntas, terkadang sakit dan perih , warna kencing keruh dan kuning pekat, padahal sudah banyak minum. saya periksakan di lab, hasilnya ada bakteri e coli dalam tubuh saya, lalu dokter memberi antibiotik. setelah antibiotik habis, masalah2 tersebut diatas kambuh lagi. saya sangat tersiksa sekali dengan keadaan saya ini. dalam 2 tahun ini, berbagai dokter, tes, lab, dan berbagai obat, dan segala cara sudah saya coba sampai sikat gigi 2 jam sekali, ganti pasta gigi yg mahal, bermacam2 obat kumur sudah saya coba, tablet hisap anti bakteri/radang tenggorokan juga sudah. tapi mulut saya tetap saya bau seperti itu, dan rasanya tidak enak sekali. saya mohon, tolong bantu saya, apabila ada yang bisa membantu saya, untuk menyembuhkan penyakit saya ini. terima kasih banyak

    • dah dicoba ke dr gigi,kali da masalah di anatomi giginya..

    • salam kenal Bu. bu maaf saya mau bertanya apakah penyakit ibu itu bisa di sembuhkan? dan apakah proses penyembuhannya lama bu ?
      mhon di balas bu
      terima kasih sebelumnya

  47. Bu Sintya. Maaf saya bukan dokter medis. Saya hanya bisa menduga itu bakteri jenis lain. Karena E. coli biasanya menempel di usus besar, bukan di rongga mulut. Sebaiknya ke dokter spesialis mulut atau kulit/kelamin. Mungkin perlu antiobiotik yang lebih kuat. Saran lain Anda bisa cek lingkungan Anda itu rawan kontaminasi bakteri atau tidak.

  48. Eschricia Coli itu diambil dari nama apa ? Dan O157 H7 apa maksudnya ? Mohon dijelaskan, trims sebelumnya.

    • Dari nama penemunya, Theodor Escherich . Sedangkan O157 H7 itu kode yang diberikan dari para ahli. Tidak ada aturan baku, umumnya dari inisial penemunya.

  49. pak, saya minta artikel atau pengetahuan tentang nutrisi yang dibutuhkan dalam e. coli donk.
    mksh sebelumnya

    • E. coli bisa tumbuh di medium Luria Bertani dan mineral medium seperti M9. Silakan digoogle. Ada kok di wikipedia, termasuk komposisinya

  50. Saya mau tanya saya pny penyakit bisul trs bisul itu udh pecah,lalu sering keluar cairan lagi ky nanah……kemudian sya ke lab kAta dokter saya positif kenA pnykt E coli,kata dokter hrs di operasi…..udh di operasi 4 hari kemudian keluar cairan dr lubang anus,,,,,,yg saya tanyakan itu berbahaya apa tdk,apa itu di sembuhkan,,,and gimana cara’y.thanks

    • Maaf Sdr Iman, saya bukan dokter medis. Yang bisa saya informasikan adalah E. coli bisa dimatikan dengan antiobiotik. Jadi selama Anda tidak mengalami pendarahan, demam, keluar cairan terus menerus boleh dikatakan Anda aman. Namun Anda harus pastikan dengan dokter.

  51. pak yalun, sebulan terakhir kami sekeluarga beberapakali mengalami diare memang sembuh dgn minum obat, yg ingin saya tanyakan penyebab diare itu rotavirus apa bakteri E coli? masalahnya setelah teslab air sumur kami mengandung E coli lumayan tinggi apakah E koli dapat dibasmi menggunakan kaporit? berapakah jarak ideal septictank dengan sumur? sedangkan dirumah kami jarak septictank dgn sumur -+8m.sy tunggu infonya. tq

    • Bu, biasanya diare disebabkan oleh E. coli. Seharusnya bisa dibasmi dengan kaporit. Saya tidak menganjurkan air sumur di pemukiman yang padat penduduk dipakai untuk mencuci makanan. Paling hanya bisa untuk mencuci baju atau mengepel karena detergent atau karbol yang dicampurkan bersifat antiseptik.
      Bisa cek: http://www.ars.usda.gov/research/publications/publications.htm?seq_no_115=120880. Dikatakan di situ chlorine (kaporit) sejumlah 2 g/l air pencuci sayuran sudah cukup untuk membunuh 99.9 % E. coli. Jangan lupa sisa chlorine di air perlu dihilangkan dengan cara didiamkan dekat cahaya matahari selama kira-kira setengah hari karena perlu menghindari efek racun dari chlorine.

  52. o’ya untuk jarak septictank apa bpk bisa berbagi infonya, berhubung kami tinggal di perumahan,kami gunakan sumur dan septictank yang sudah ada dan jaraknya -+8mtr apakah ini sudah dalam jarak aman?

    • Banyak faktor yang menentukan. Tidak hanya jarak tapi juga kondisi tanah dan kualitas septic tank. Air sumur Anda bisa saja tercemar dari faktor lain. Namun saya tidak pakai air sumur walaupun sudah 20 m dari septic tank jika tidak ditreatment dengan kaporit. Dan hasil test Anda sudah jelas menunjukkan kalau sumur Anda tercemar.

  53. Salam kenal, Pak Yalun mau tanya, apa didalam air galon terdapa e coli yg tinggi. Karena akhir2 ini setelah minum air tsb sy selalu sakit perut dan terakhir sy deman disertai diare. Terima kasih

  54. Salam kenal juga. Seharusnya air minum kemasan baik di galon atau botol plastik tidak mengandung E. coli. Ada kemungkinan E. coli di air isi ulang yang tidak diproses dengan bersih.

  55. bapak, sya mw tnya jika bakteri Escherichia coli ditumbuhkan dalam medium yang mengandung dua macam sumber karbon yang berbeda kompleksitasnya, misalnya glukosa dan laktosa, maka terjadi pola pertumbuhan yang berbeda dari pertumbuhan dalam glukosa saja. Bagaimana dengan pola pertumbuhan yang terjadi dan mekanisme pengendaliannya?
    Terima kasih…

  56. Jika E. coli tumbuh di media mengandung campuran glukosa dan laktosa maka glukosa akan dikonsumsi terlebih dulu baru laktosa karena efek carbon catabolite repression (CCR). Dalam kasus ini, glukosa melalui mekanisme CCR menghambat ekspresi gen-gen di lac operon yang berfungsi di lactose utilization. Pola pertumbuhan akan mengikuti diauxic growth, di mana terdapat dua fase log di batch culture. Semoga membantu.

  57. Apa kebaikan dari bakteri E.coli ini…??????
    dan Apa keburukan darii bakteri E.coli..????

  58. Ass.wr.wb.
    Saya tertarik dengan percakapan yang Bapak asuh ini. Saya adalah pegawai di instansi kesehatan dan sedang belajar memahami E.coli yg berada di air bersih dan air minum yang tersebar di air isi ulang ataupun sumur. Sebatas yang saya tahu E.coli dpt dibedakan lagi EPEC, ETEC, EIEC dan EHEC. Apakah bapak dapat membantu saya memberi informasi yang berkaitan dengan cara identifikasinya. Terima kasih

  59. malam…mau tny bayi sy umur 7 bln dari dulu saya test faeces pasti ad bakteri e.coli entah positif 2 ataupun 3 sy apa berbhaya kl tidak diobati?karena sy sudah kedokter spesialis anak sampai 5kali….trimksh

    • Salam Bu Rinda,
      Test positif E. coli di feces belum tentu menunjukkan anak Ibu sakit karena tidak semua E. coli berbahaya. Namun hal ini menunjukkan jika ada kontaminasi di tubuh anak Ibu. Umumnya dari makanan dan minuman. Ini bisa dari air yang kurang bersih, wadah penyimpanan makanan/minuman yang kurang bersih, toilet kotor, alat-alat dapur kurang bersih, atau orang-orang di sekitar bayi yang kurang bersih. Banyak kemungkinan.
      Saya tetap sarankan Ibu untuk tingkatkan sanitasi dan hygiene di sekitar bayi Ibu untuk menghindari E. coli jenis 0157:H7 yang amat berbahaya. Coba cek situs ini: http://www.drgreene.com/azguide/e-coli

  60. kalau boleh tau, nutrisi e.coli itu apa sih…???l

    • Tidak jauh berbeda dengan nutrisi manusia. Gula, protein, lemak. E. coli malah lebih canggih, bisa mencerna asam organik (asetat) dan garam anorganik (ammonium sulfat) sebagai sumber nutrisi karbon dan nitrogen.

  61. bedanya e.coli dengan salmonella apa sih?….. mana lebih berbahaya?

    • Banyak sekali perbedaannya karena mereka dua spesies yang berbeda. Ibarat Anda tanya apa beda kucing dengan anjing. Biasanya Salmonella jenis typhirium lebih berbahaya.

  62. saya mau tanya sedikit, apa bacteri ini bisa menyebabkan infeksi kantung kemih? khususnya buat orang penderita diabetes?

    thanks before :)

    • Infeksi kandung kemih bisa disebabkan oleh beberapa jenis E. coli. Saya tidak yakin hubungan dengan diabetes.

  63. apa e.coli masih dapat hidup pada air yang telah didihkan pada suhu 100 derajat celcius ????

  64. Saya baru saja memeriksakan air tanah yang selama ini digunakan untuk keperluan rumah tangga bahkan terkadang langsung diminum.
    Hasilnya semua parameter fisika maupun kimia baik. Hasil mikrobiologik menunjukkan Total coliform 220 seharusnya 0, tetapi E. coli 0. Saya baca bahwa yang patogen hanya E. coli. Apakah dibenarkan untuk mengkonsumsi air ini secara langsung tanpa dimasak.
    Terimkasih. Ario

    • Mas Ario, yang pathogen tidak hanya E. coli (hanya jenis tertentu). Ada Vibrio cholera, Salmonella typhii, dll.
      Air tanah di Indonesia banyak yang sudah tercemar.

  65. Apa jenis interaksi antara manusia dengan bakteri e. Coli di saluran pencernaan?

    apa bakteri e. Coli baik untuk manusia?

  66. pak yalun..
    saya mw tanya,,untuk bakteri E.coli yg berkembang dalam tanah kira2 ada bukunya gk ya..??
    karena saya lagi cari2 bahan ttg kandungan E.coli di dalam tanah..
    terima kasih sebelumnya..mohon d tanggapi..

    • Maaf Pak Candra. Saya tidak punya data ini. Yang bisa saya info adalah E. coli yang alami tidak mampu mengkonsumsi karbohidrat rantai panjang dan juga tidak bisa fotosintesis. E. coli adalah heterotrof yang tergantung pada molekul-molekul organik sederhana seperti gula, protein, dan asam organik. Maka agar bisa survive di tanah, E. coli perlu adanya molekul-molekul ini yang kemungkinan dihasilkan oleh mikroorganisme lain dalam tanah.

  67. boleh dijelaskan secara lengkap apakah dia memiliki spora atau tidak, bentuknya bagaimana, apakah mengikat CO2 dan O2, dan sekalian apa sebenarnya karakteristiknya.

  68. saya mau tanya jenis-jenis interaksi antara manusia dengan bakteri E. Coli didalam saluran pencernaan

  69. Permisi, , saya kuliah d bagian analis kesehatan, , kebetulan saya tingkat 3 mau nyusun KTI, , saya mau tanya. . Di penjualan buah”an terkadang buah semangka yang di jual telah di belah(iris) menjdi 2, , kira” apakah d buah semangka itu bisa di temui bakteri echoli, , dan saya mohon bantuan ny, , saya ingin ngambil judul KTI di bidang bakteriologi, , apakah bapak bsa kasih saran atau masukan buat judul KTI saya, , trimakasih sebelum ny. .

  70. mw nanya,, daya pathogenitas dan epidemiologi e.coli pada air tu gmna ya ?

  71. mas yalun…ketika air didihkan pada suhu >100 C apakah bakteri E coli mati? kalau mati, apakah ketika nanti didinginkan bakteri itu dapat hidup kembali?

    trima kasih
    -yenilestari-

  72. Kalo hubungan antara manusia dan E. coli itu simbiosis apa ya? Thx :)

  73. bu, Apa jenis interaksi antara bakteri E. Coli dengan manusia dalam saluran pencernaannya?. trimakasih,,,

  74. saya lg btuh inspirasi bt kti tentang bakteri

  75. Pak sy mau tanya. Kalo sayuran mentah untuk di juice contohnya bayam organik dan sdh di cuci bersih sampai 3 kali pakai air masak atau air aqua bukan air ledeng. Gimana pak? Apakah msh aman di knsumsi dan gimana dgn bakteri e.coli? Apakah ada di sayuran? Kan sayuram tumbuh di tanah? Lalu pertanyaan ke-2 : gimana dengan sayur beet (bit) ? Yg termasuk umbi2-an? Apakah aman di juice mentah setelah di kupas dan di cuci pakai air matang? Pls info pak. Thanks.

  76. […] Penampakan Bakteri E-Coli (Sumber : disini) […]

  77. saya mau tanya mas, kalau e.coli bisa mati pada suhu >100 derajat celcius, kenapa pada makanan matang mengandung e.coli ? mohon info nya

    • Maaf lama replynya. Makanan matang bisa mengandung E. coli pathogen (saya ingatkan lagi bahwa hanya sebagian kecil tipe strain E. coli yang pathogen) kemungkinan besar akibat handling yang kurang higienis. Misalnya wadah penyimpan yang kotor, penggunaan plastik yang terkontaminasi, dan sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 864 other followers

%d bloggers like this: