Uniknya kampanye bioetanol di Surabaya

Hari ini membaca satu artikel menarik di detikcom tentang kampanye bioetanol di salah satu mall di Surabaya. Linknya di http://foto.detik.com/readfoto/2008/10/18/143542/1022136/473/4/

Tujuan kampanye ini pada dasarnya bagus. Namun ada yang unik pada spanduk raksasanya. Ditulis: Bioetanol campaign mall to mall, memasak lebih fun, lezat, aman & ramah lingkungan. Nah ini yang rada ngaco. Maksa banget.

Lebih fun? Ya ini relatif lah. Apa kalau pakai etanol lebih fun ketimbang pakai kerosin atau gas LPG? Ini benar kalau harga etanol lebih murah. Tapi jangan lupa kandungan energi etanol jauh lebih rendah dari LPG bahkan dari kerosin. Artinya pakai etanol pasti lebih boros.

Lebih lezat? Nah ini terlalu dipaksakan deh. Apanya yang di etanol yang bisa bikin masakan lezat? Mungkin kalau etanolnya yg dimasukkan ke masakan biar harum kali. Tapi kan haram menurut Islam.

Aman dan ramah lingkungan? Nah ini ngaco juga. Apa benar bioetanol itu ramah lingkungan dan aman? Aman di mananya? Kalau yang masak ceroboh atau alatnya ngga beres ya bisa kompor meledak juga kok. Bahkan etanol cenderung lebih berbahaya karena sifatnya yang amat mudah menguap. Dan apa ya ramah lingkungan? Emisi carbon dari biofuel seperti etanol relatif sama dengan dari bensin atau solar. Satu keuntungan etanol dari fermentasi karena diproduksi dari bahan hasil pertanian yang lebih sustainable dari minyak bumi yang lama-lama akan habis. Tapi perlu diwaspadai jika penggunaan hasil pertanian dalam industri fermentasi tak terkontrol, dampaknya justru merusak lingkungan.

Kesimpulannya kampanye di Surabaya ini mungkin tujuannya bagus tapi tidak mendidik dan cenderung menyesatkan paling tidak dilihat dari slogan yang dipakai. Mungkin sih perlu menggunakan kata-kata yang menarik kayak iklan tapi janganlah membodohi masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: