Pelajaran dari pidato kemenangan Barrack Obama

Akhirnya Amerika memilih orang Afro-Amerika pertama sebagai presiden. Terlepas dari faktor ras, usia, dan latar belakang, Obama adalah tokoh hebat yang mampu membawa Amerika dan dunia ke arah yang lebih baik. Berikut pidato Obama bisa dibaca di: http://edition.cnn.com/2008/POLITICS/11/04/obama.transcript/index.html

Banyak hal yang bisa dipelajari dari pidato ini.

Obama saat pidato kemenangannya di Chicago

Obama saat pidato kemenangannya di Chicago

Pertama Obama berbicara Amerika sebagai satu kesatuan tidak perduli hitam, putih, Asian, Hispanic, Native American, gay, straight, disabled, atau non disabled. Juga tidak perduli apakah Republik atau Demokrat. Inilah nilai-nilai persatuan dan kebhinekaan. Nilai yang mulai luntur di Indonesia, terutama sejak adanya gerakan radikalisme agama.

Kedua, bagaimana Obama menghargai rivalnya McCain dan Palin sebagai orang yang amat berjasa bagi negara. Di sisi lain, McCain pun memberi selamat dan pujian serta dukungan bagi Obama walaupun pahit getir di hati. Sementara di Indonesia, kalau kalah pemilu cenderung mencaci maki dan merusak.

Ketiga, Obama menghargai support semua pendukungnya mulai dari keluarga, rekan, tim kampanye, sampai semua pemilihnya. Saya tidak ingat dulu pemenang pemilu di Indonesia bersikap seperti ini

Dan yang amat penting, bagaimana Obama menyebutkan pengorbanan para pendukungnya yang umumnya bukan orang kaya tapi menyumbang demi perubahan dan kemajuan Amerika. Obama juga bicara masa depan. Tentang tantangan keras yang harus dihadapi. Dan Obama menekankan kejujuran dan kesiapannya untuk membantu semua yang bermasalah. Di Indonesia, pemimpin masih bersifat feodal, sering tidak terbuka dan jaga gengsi. Tak heran jika masyarakat Indonesia masih jauh tertinggal di banding banyak negara maju di dunia.

Maka, banyak sekali yang harus dikejar dan dipelajari calon pemimpin Indonesia. Kita lihat saja di tahun depan nanti bagaimana.

2 Responses

  1. Ada pendapat yang mengatakan Obama banyak belajar dari ide-ide Pancasila mengingat semasa SD setiap Senin pasti menghafal Pancasila. Jika benar, maka sebenarnya orang Indonesia perlu bangga namun juga malu dengan kondisi Pancasila sekarang di Tanah Air.

  2. Semoga pemimpin kita belajar dari peristiwa ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: