Plastik masa depan: polylactic acid (PLA) dan polyhydroxybutyrate (PHB)

Plastik merupakan barang kebutuhan mutlak sejak abad yang silam. Plastik digunakan sebagai kontainer, pelapis, tas, bahan pakaian sintetis, perpipaan, insulator, peralatan elektronik, cat, dll. Singkatnya, bisa dikatakan plastik praktis sudah menyentuh semua segi kehidupan manusia. Namun plastik yang umum diproduksi dan digunakan sekarang berasal dari turunan minyak bumi yang diolah menjadi polimer seperti polypropylene (PP), polycarbonate (PC), polyvinyl chloride (PVC), dan sebagainya. Plastik-plastik ini terkenal kuat, tahan air, bahkan PP tahan asam kuat. Kelemahan dari plastik jenis ini selain dibuat dari sumber alam tak terbarukan adalah tidak bisa didegradasi oleh alam. Daur ulang plastik memang sudah dilakukan namun memerlukan komitmen tinggi dari masyarakat dan juga memakan biaya tambahan. Proses daur ulang plastik juga memproduksi CO2 yang meningkatkan efek global warming. Jika kondisi ini dibiarkan maka dalam beberapa puluh tahun ke depan, bumi semakin penuh oleh polusi plastik.

Solusi dari masalah di atas adalah plastik yang biodegradable. Plastik jenis ini umumnya dibuat dari proses fermentasi gula atau starch oleh mikroorganisme menjadi plastik. Beberapa jenis mikroorganisme mampu mengolah gula yang diserapnya menjadi plastik yang disimpan di dalam selnya. Karena berasal dari mikroorganisme, maka jika dibuang di penampungan sampah, plastik ini bisa didegradasi oleh alam. Proses degradasi alami bersifat carbon neutral karena tidak melepas CO2 ke atmosfir.

Bio Bag

Biodegradable plastic bag

 

Contoh dari plastik jenis ini adalah polylactic acid (PLA) dan polyhydroxybutyrate (PHB). PLA diproduksi melalui proses fermentasi gula atau starch oleh Lactobacillus menjadi lactic acid (https://yalun.wordpress.com/2009/02/22/produksi-asam-laktat/) yang selanjutnya dipolimerisasi dengan bantuan panas dan katalis logam menjadi PLA. Selain Lactobacillus, juga dikembangkan proses oleh yeast S. cerevisiae dan E. coli via proses metabolic engineering. PLA sudah banyak dipakai sebagai kantong plastik, kontainer, plastik dalam dunia medis, dan plastik industri (dicampur dengan ABS). PLA diproduksi di USA oleh NatureWorks. Produser lain adalah Toyota (Japan), PURAC (Netherlands), Galactic (Belgium), dan beberapa pabrik di China.

Gelas plastik terbuat dari PLA

Gelas plastik terbuat dari PLA

PHB merupakan jenis plastik biodegradable yang berasal dari fermentasi gula atau starch oleh beberapa jenis bakteri seperti Alcagenes eutrophus, Pseudomonas, dan Spirillum. Produser di USA adalah Monsanto dan Metabolix. Turunan PHB yaitu P(3HB-co-3HV) merupakan plastik yang bisa dipakai sebagai pelapis, film, kantong plastik, dan botol. Kelemahan dari proses sekarang adalah relatif mahal. PHB dengan merk Biopol dijual dengan harga hampir mencapai 10x dari harga plastik konvensional seperti PP. Sehingga banyak penelitian yang dilakukan dengan strategi metabolic engineering untuk meningkatkan produktivitas guna menekan biaya produksi. Beberapa jenis bakteri seperti Alcagenes eutrophus dan E. coli telah direkayasa genetika untuk menghasilkan PHB secara optimum. Bahkan juga sedang dilakukan penelitian oleh group riset saya untuk memproduksi PHB langsung dalam tanaman tebu. Bayangkan saja tebu menghasilkan plastik! Saya sendiri fokus pada PHB dari proses fermentasi oleh E. coli  (http://web.aibn.uq.edu.au/cssb/Sucrose.html)

Bagaimana selanjutnya? Kita tunggu saja hasilnya.

7 Responses

  1. tolong bantuan info,jurnal,paten,teknologi dan referensinya lengkapnya untuk pembuatan PLA..khususnya dari ubi jalar..terima kasih

  2. Kalau mau sedetil itu tidak gratis lho. Terutama patent. Apalagi jika diminta memberitahu hasil penelitian kami.
    Tapi jika 2-3 jurnal mungkin saya bisa bantu.

  3. Oh begitu ya mas…tidak gratis
    tapi jika mas yalun berkenan berbagi beberapa informasi atau jurnal pembuatan PLA yang sekiranya dapat saya gunakan untuk modal penelitian dan perancangan pabriknya,,karena saya masih sangat awam tentang ini..
    saya ucapkan terima kasih..

  4. mohon informasi untuk mendapatkan PHB untuk penelitian, apakah tersedia di toko kimia? berapa kisaran harganya? tks

  5. penelitian saya berhub dg plastik biodegradable
    apakah di Indonesia djual biji/serbuk plastik jenis PHB atau lainnya ya?
    terimakasih atas infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: