Teknik-teknik sterilisasi (bagian 1: cairan dan padatan)

Sterilisasi merupakan salah satu faktor utama dalam fermentasi. Kita tentu mengharapkan tidak terjadi kontaminasi di mana mikroorganisme yang tidak diinginkan tumbuh dan mengganggu proses fermentasi. Teknik sterilisasi berbeda-beda tergantung pada jenis material. Bagian pertama akan menjelaskan secara singkat dan sederhana bagaiman sterilisasi cairan dan padatan.

Sterilisasi cairan

Cairan yang disterilisasi umumnya adalah media fermentasi yang mengandung gula, garam fosfat, ammonium, trace metals, vitamin, dan lain-lain.  Secara umum ada dua cara sterilisasi cairan yaitu dengan panas dan disaring (filtrasi).  Sterilasi dengan panas dilakukan di dalam autoclave, di mana steam tekanan tinggi diinjeksikan ke dalam chamber untuk mencapai temperatur 121 derajat C dan tekanan tinggi (sekitar 15 psig). Durasinya bervariasi, namun umumnya diinginkan cairan dipertahankan pada 121 derajat C selama minimal 15 menit. Jika termasuk waktu untuk heating dan cooling steps, total waktu berkisar 1-2 jam tergantung volume cairan yang disterilisasi. Terkadang temperatur bisa diset pada 134 derajat C (untuk medis).

Laboratory autoclave

Laboratory autoclave

Untuk skala industri, cairan disterilisasi dengan panas menggunakan beberapa pilihan teknik. Gambar di bawah menjelaskan salah satu bagan proses sterilisasi cairan media di industri. Banyak jenis proses baik secara batch atau continuous yang diterapkan di industri, misalnya direct steam, indirect heating, indirect steam, dan lainnya.

Doran, M.P (1995), Bioprocess Engineering Principles, chapter 13, Academic Press

Sterilisasi medium di industri bioproses. Sumber: Doran, M.P (1995), Bioprocess Engineering Principles, chapter 13, Academic Press

Cairan dapat disterilisasi juga dengan disaring menggunakan membrane filter berpori 0.22 atau 0.45 micro meter. Metode ini cocok untuk volume cairan yang kecil (1-2 liter) dan bahan kimia yang bisa rusak karena panas misalnya gula dan protein.

Sterivex, membran buatan Millipore yang umum digunakan untuk sterilisasi cairan dalam jumlah kecil yang tidak tahan panas.

Sterivex, membran buatan Millipore yang umum digunakan untuk sterilisasi cairan dalam jumlah kecil yang tidak tahan panas.

 Sterilisasi padatan

Padatan yang umum disterilkan adalah glassware, biosafety cabinet, dan beberapa jenis tabung dan kontainer. Pada glassware dan plastik tahan panas umumnya dilakukan dengan autoclave mirip seperti sterilisasi cairan namun ditambah proses pengeringan. Biosafety cabinet disterilkan dengan bantuan radiasi UV dan disemprot ethanol 70 %. Udara dalam cabinet disaring dengan filter (detilnya akan dibahas di  bagian ke-2 tentang sterilisasi gas).

Biological safety cabinet

Biological safety cabinet

Masih banyak detil yang belum dibahas. Jika Anda ada pertanyaan, silakan menyumbang komentar.

10 Responses

  1. […] Teknik-teknik sterilisasi (bagian 1: cairan dan padatan) […]

  2. saya sangat terbantu dengan artikel ini sebagai pengetahuan untuk penelitian saya ……. terima kasih.

  3. bagaimana cara mengemas cairan agar bisa disterilkan dengan suhu tinggi bertekanan, saya sudah produksi aquades namun belum bisa dikatakan steril. mungkin saudara ada pengalaman bagaimana cara mensterilkan cairan dan bagaimana mengemasnya , khususnya yang pakai autoclave dengan suhu 121 – 134 derajad C.

  4. adakah barang / benda yang tidak bisa disterilisasi

  5. apakah proses UHT termasuk ke dalam sterilisasi ??
    senos09.student.ipb.ac.id

  6. sterilisasi alat dgn autoclav tch,, kra2 bsa membunuh kuman dlm tngkatan brp persen????
    mksihhhhh ^_^

    • Jika dioperasikan dengan benar, autoclave bisa membunuh lebih dari 99.9 %. Yang tak kalah penting adalah handling setelah keluar dari autoclave supaya tidak terkontaminasi lagi.

  7. Apa memang di haruskan syringe untuk kontras di radiologi harus steril

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: