Sisi-sisi positif pemilu legislatif Indonesia 2009

Bangsa Indonesia baru menyelesaikan pemilu legislatif 9 April lalu. Terlepas dari segala kelemahan mulai dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang kacau balau dan antusiasme masyarakat yang relatif rendah dibanding 5 tahun lampau, sebenarnya banyak hal-hal positif yang bisa dibanggakan.

pemilu-2009

Pemilu Indonesia 2009

  1. Pemilu berakhir dengan aman. Tidak ada kerusuhan berarti yang bisa menimbulkan kerugian miliaran rupiah atau bahkan korban jiwa. Dibanding pemilu di negara berkembang lainnya, semisal Thailand, Pakistan, atau India, pemilu di Indonesia jauh lebih baik.
  2. Pemilu Indonesia menunjukkan Indonesia sebagai negara demokrasi yang berada di jalur yang benar. Tidak seperti Singapore yang lebih kaya namun tidak ada hak asasi berpendapat dan berdemokrasi, rakyat Indonesia cukup beruntung masih bisa menikmati kelebihan ini.
  3. Pemilu kali ini bisa menjadi pembelajaran politik bagi kita semua. Sikap kedewasaan berpolitik yang ditunjukkan Barrack Obama, John McCain, dan Hillary Clinton nampaknya mulai ditiru oleh Indonesia. Ucapan selamat dari Jusuf Kalla kepada SBY misalnya
  4. Kemenangan Partai Demokrat menunjukkan bahwa rakyat tidak lagi terpaku oleh slogan-slogan agama, sayap kanan atau kiri. Tapi lebih mementingkan partai yang diharapkan bisa membawa kemakmuran secara sosial ekonomi. Partai agama relatif kurang diminati. Contohnya di Aceh yang menang malah Demokrat, bukan PKS atau PPP. Harus diakui kepiawaian SBY dalam menyelamatkan Indonesia dalam masa krisis global merupakan salah satu faktor utama kemenangan Demokrat. Salah satu teman pernah berkelakar. Yang dibutuhkan di Indonesia bukan partai-partai puritan semacam Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Damai Sejahtera (PDS), tapi Partai Keadilan Damai Sejahtera (PKDS), ha ha ha.

Semoga kelak pemilu presiden awal Juli nanti bisa lancar dan membawa hasil yang baik.

One Response

  1. Iya tapi juga harus santun jg tuh demokrat dan sby nya. wing penurunan BBM koq keberhasilan. la wong di malaysia aj dlm 1 bulan turun 3 x. dikita 3 x dlm 3 bulan…ha..politis banget. terus BLT waktu kampanye, rapelan waktu mo pemilu. wah ya meledak suara tuh. ya memang sih sebagai juara bertahan bisa melakukan itu. KPK itu kl boleh jujur bukan kebrhasilan KPK skr tapi KPK yd pak taufikrakhmanruki yg buat pondasi.skr tinggal tangkap-tangkap. komentar terhadap msalah penculikan anak koq sekelas presiden perhatian dan komentar. tetapi ketika Pahlawan Devisa kita yg pnya maslah di luar negeri malah teraikan. gmn itu padahal momennya barenga..ha…saya tidak mencela SBY atau fanatik terhadap apa. tapi kalo kita hatus obyektif aj…tapi saya kira kita harus punya presiden yg lebih..lebih berani ambil resiko..mungkin untuk skr SBY menang. tapi kalo indonesia masih spt ini ya lama neh..belum ad pemimipin yg spt Bung Karno..kapan ya..
    andrewiwanto.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: