Melihat lebih dalam: fenomena Susan Boyle

Ada satu kisah menarik akhir-akhir ini. Adalah Susan Boyle, seorang wanita berusia 47 tahun dengan wajah tidak menarik mencoba peruntungannya di acara Britain Got Talent 2009. Berikut link videonya:

http://www.youtube.com/watch?v=9lp0IWv8QZY

susan-boyle-pic-itv-image-2-801724846

 

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari Susan Boyle yang fenomenal ini. Ketika ditanya berapa umurnya, dengan lantang dia menjawab 47 tahun! And it is only one side of me, she said. Umur adalah hal yang takut dibicarakan oleh kaum wanita terutama di Barat. Namun Susan dengan percaya diri dan jujur mengakui “kelemahannya” dan menyatakan umur hanyalah “part of me”. Masih banyak hal positif yang sebenarnya dimiliki. Ini suatu sikap yang luar biasa.

Ketika ditanya ingin seperti apa, dia menjawab mau jadi Elaine Page (http://en.wikipedia.org/wiki/Elaine_Paige) dan hampir semua penonton menertawakannya. Para juri termasuk Simon dan Amanda juga pada awalnya agak sinis. Namun begitu Susan menyanyi, terbelalaklah semua juri dan penonton. Sadarlah mereka jika yang ada di dalam jauh lebih indah dari yang di permukaan.

Dari sini kita bisa belajar untuk tidak sembarang menilai orang dari  permukaan saja, suatu kesalahan yang sering dilakukan orang Indonesia. Banyak orang di Indonesia suka bergaya, gengsi namun lupa jika kepercayaan diri bukan dari seberapa mewah pakaian, aksesoris, mobil kita namun bersumber dari dalam hati kita sendiri. Saya ingin menyatakan sesuatu: Jika kita sendiri tidak percaya diri, siapa yang akan percaya dengan kita?

3 Responses

  1. […] Melihat lebih dalam: fenomena Susan Boyle […]

  2. Luar biasa. Beberapa kali sempat lihat beritanya, tapi tidak pernah sampai niat untuk melihat penampilan wanita dengan suara luar biasa ini karena saya kira hanya akan sama saja dengan overexpose dari media seperti biasanya.

    Setelah tadi melihat video selama 7 menit di youtube, sekarang saya melihat dia sebagai inspirasi.

    Terima kasih untuk artikelnya Mas.

    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: