Panti Asuhan Samuel di Gading Serpong

Di daerah Gading Serpong ada panti asuhan yang sudah berjalan selama 13 tahun. Namanya Panti Asuhan Samuel, terletak di sektor 1A Gading Serpong. Saat ini menampung lebih dari 40 anak yatim piatu yang kebanyakan merupakan anak hasil luar nikah yang dibuang oleh orang tuanya. Bahkan ada dua bayi yang diasuh oleh anak-anak panti sendiri bergantian. Panti ini sedang membangun tempat yang lebih layak dan besar di lokasi tidak jauh dari tempat sekarang. Namun saat ini membutuhkan dana untuk memperpanjang kontrak rumah di lokasi sekarang sebesar lebih dari 50 juta rupiah.

Anak-anak panti asuhan Samuel sedang berkumpul menonton TV

Selain itu panti juga membutuhkan dana untuk perbaikan fasilitas hidup yang ada sekarang. TV yang ada sudah sangat tua dan jelek kualitasnya. Pakaian seadanya. Peralatan dapur kurang memadai. Mainan anak-anak masih minim. Buku pelajaran dan pengetahuan jarang ada. Masih banyak hal yang harus dibantu. Mungkin Ibu dan Bapak bersedia membantu? Bisa hubungi Ibu Yuni Winata di 0817123458. Adapun websitenya di http://www.pantiasuhansamuel.com. Sumbangan dana bisa disalurkan ke rekening BCA nomor 8015017003 atas nama Chemy Watulingas.

Berikut beberapa gambar dari Panti Asuhan Samuel:

Rumah panti tampak depan

Progress pembangunan rumah panti yang baru

Salah satu bayi dan anak di panti

Foto anak-anak panti

Semoga bisa membantu.

We think sometimes that poverty is only being hungry, naked and homeless. The poverty of being unwanted, unloved and uncared for is the greatest poverty. We must start in our own homes to remedy this kind of poverty (Mother Teresa).

19 Responses

  1. Saya pernah berkunjung ke panti ini. Anak2nya terlihat tidak terawat dan tidak terdidik beda sekali dengan panti asuhan katholik yg pernah yg kunjungi. Pendeta/kepala panti asuhannya saja sombong, tidak sopan dan seperti tidak welcome atas kedatangan kami. Kepala pantinya lebih mengharapkan uang. Yang saya takutkan apabila kita berikan uang tidak tersalurkan untuk kebutuhan anak2 panti ini. Apabila mau menyumbang lebih baik langsung untuk biaya sekolah mereka dan mungkin dibayarkan ke sekolahnya langsung. Parah sekali panti ini dari segi tempat tinggal yg tidak layak, anak2nya tidak terawat dan tidak terdidik dengan baik.

    • ya saya juga pernah mengunjungi panti asuhan tersebut dan dapat respon yang sama dengan anda. tempat tinggalnya sangat tidak layak. yang saya dengar, di sana terjadi kekerasan. saya takut anak-anak di sana sering dipukuli. saya dengar pula, mereka sudah tidak bersekolah. parah sekali panti asuhan ini. benar-benar tidak layak beroperasi lagi, bahkan anak-anaknya tidak terawat dengan baik.

      • saya juga pernah berkunjung ke panti tersebut. kondisi anak2 disana sangat memprihatinkan sekali, penguruspun tidak kooperatif dengan kedatangan pengunjung. saya juga sempat berfikir kalo mereka mengalami kekerasan, pasalnya kondisi tubuh anak2 panti banyak terdapat bekas luka di sana sini dan hampir semua anak panti tidak bermuka mulus layaknya anak2 biasa atau anak2 panti lainnya.

      • 100% benar! Sygnya komnas Ham gak diam2 kirim org menyelidikinya… apa cara gampangnya cek aja badan anak2 sana, ada yg mulus ngga?

  2. benar …..sy juga pernah kesana, sbg donatur pribadi, not welcome

  3. beberapa tahun lalu saya mengunjungi yayasan ini dan kehilangan Motor didalam halaman yayasan ini. Samuel pemiliknya juga istrinya benar tak bersahabatn, angkuh dan kelihatan memakai anak2 ini untuk memperkaya diri sendiri. Samuel sek makannya mewah dan anak2 makan nasi kosong. byk naka waktu saya kujungi luka2 atau benjol kepalanya. telanjang sebgain tubuh, dll. pokoknya terlihat Jelas yayasan ini dipakai oleh org2 tertentu atau Samuel untuk memperkaya diri sendiri. jangan pernah memberi uang langsung ke Samuel, karna pasti akan ditabung di Bank pribadinya n tdk dipake untuk anak2.

  4. Apa yg bisa kita lakukan ya? Hari ini saya berkunjung ke sana. Memang saya sengaja tidak memberitahu pengurus, spy bisa melihat sendiri keadaan sehari-hari. Benar-benar mengenaskan. Apalagi mereka baru kedatangan 2 bayi perempuan yg 1 usianya 6 bulan, yg satu 1 bulan. Dan memang saya memperhatikan wajah salah satu anak, belang bonteng di mana-mana. Saya ingin sekali membantu anak-anak ini, tapi tidak tahu caranya.

  5. Tadi malam baru saja saya bicara dengan seorang teman yang baru saja dengan ‘sengaja’ berkunjung ke panti asuhan tersebut. Apa yang anda semua ceritakan di komentar2 diatas, sangat benar keadaannya.
    Angkuhnya dan ketidak pedulian si pendeta (orang yang seharusnya bertanggung jawab atas anak2 tersebut) dan kondisi tak terurus dari anak2 panti Samuel.
    Harus ada tindakan nyata. Saya tidak perduli dengan pendetanya. Tapi anak2 itu… Mau dikemanakan mereka? Masa depan seperti apa yang kita harapkan untuk anak2 tersebut?

  6. Kalau begitu kenyataan Ibu/Bapak bisa lapor ke Komisi Perlindungan Anak.
    Jl. Teuku Umar No. 10 Gondangdia Menteng Jakarta Pusat DKI Jakarta, Indonesia

    Telepon:
    (+62) 021-319 015 56

    Fax:
    (+62) 021-390 0833

    Email:
    info@kpai.go.id
    humas@kpai.go.id
    pengaduan@kpai.go.id

    Web:
    http://www.kpai.go.id

    • Kami dengar ada yang sudah melaporkan ke Komisi Perlindungan Anak 2x tapi tidak mendapat tanggapan. Kami mendapat info ini dari seorang teman yg berkunjung ke sana. Saya & suami akan berkunjung ke sana dan akan berupaya membantu anak-anak ini. Doakan saja…

  7. Bagi yg bersedia utk jadi saksi atau menambah bukti, please go to KPAI. Skg saatnya utk maju bersaksi. Media sudah pada tau.

  8. Kasihan sekali…
    Kalau sudah pernah di saksikan, seharusnya bisa lebih peka dan segera melapor dan secepatnya ditanggapi. Semoga tidak terjadi lagi kejadian serupa..

  9. wah, doa bapak2 dan ibu2 terjawab.
    Hari ini ada tindakan dari kpai

  10. Sy sering berkunjung kesana membawakan makan siang buat anak2 sana krn kasian aja biasanya mrk mkn pagi cuma indomi aja..sy gak sengaja lewat dan singgah krn posisinya don sekolah anakku..sy juga pernah bawa 1anak yg hidungnya bau dan ada busa dlmnya namanya dela deborah ke dr jimmy tht di dr siloam karawaci dan anak baby tasya ke dr maria mom n child. Mungkin ada yg berminat cek ke dr sana? Saya dgr wkt itu sdh byk yg lapor ke komnas Ham tapi ngga digubris ( u knowlah knp..) wkt itu yakin suatu saat Tuhan pasti akan menolang anak2 tsb.
    Terakhir sy kesana ada baby yg baru lahir sebelum natal 2013..apakah yg meninggal baby itu? Turut bersedih srmoga Tuhan benar2 bekerja utk kasus ini

    • Ana, Baby Caroline meninggal di usia sekitar 2-3 bulan😦 Mungkin dia yang Anda ketemu terakhir sebelum Natal 2013. Mari kita terus doakan agar kasus ini terungkap sampai ke akar2nya dan keadilan bisa ditegakkan di negara kita. Semoga anak2 juga mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya dan semoga tidak ada korban seperti baby Caroline lagi di kemudian hari. Kita sebagai masyarakat yang peduli mari mendorong pemerintah untuk mengeluarkan Undang-Undang yang akan melindungi anak dari kekerasan dan agar ada kontrol dan UU yang mengatur panti2 asuhan di Indonesia.

  11. Kok comment yg awal2,kalo diliat dari bahasanya rata2 sama semua,hampir hampir mirip ? Ada yang bisa bantu ?

  12. memalukan…!!! smua hanya kamuflase blaka ternyata…..pake nama samuel lg…..makin banyak aj org2 munafiiik bergaya sok malaikat….ujung2nya duit-duit jg….nga tau dirii !!…nga pernah ngukurr diri apa?? pantes apa nga jd pelayan Tuhan??…to..ttslahh

  13. wah turut prihatin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: