About me

 This is my blog on several issues from the general topics such as education, health, sports, military and politics to the more specific my own field of expertise in chemical engineering and biotechnology.

 

54 Responses

  1. I am student of BUET(Bangladesh University of Engineering and Technology).I have read ur persona information. I am also a chemical engineering student. I am willing to Australia for post graduation in ChE discipline . so sometimes I will contact with you if don”t mind,are you?
    I am wating for your reply about that

  2. Hi Saifullah,
    Nice to meet you.
    Please contact me if you need any questions about studying Chem Eng in Australia or the Netherlands.

  3. Hallo mas Yalun. Apa kabar ? Kenalkan saya Ahmad Intan, mahasiswa UNS Solo. Saya mau tanya sedikit nih. Saya dapat pertanyaan dari dosen saya yang sepertinya mudah tapi setelah saya coba jawab kok sulit :
    (1)Jelaskan apa yang dimaksud dengan tarnsformasi Kimia
    (2)Jelaskan bagaimana transformasi kimia ini dikelompokkan dan berikut contoh aplikasinya
    Trimakasih sebelumnya. Maaf kalau sudah merepotkan.

  4. Mas Ahmad, saya bukan pakar kimia murni. Tapi mungkin ini bisa membantu:
    1. cek di: http://en.wikipedia.org/wiki/Chemical_transformation
    2. Substitusi, adisi, eliminasi. Bisa cek di: http://en.wikipedia.org/wiki/IUPAC_Nomenclature_for_Transformations
    Semoga membantu.

  5. Pak trimakasih atas respon bpak mengenai pertanyaan yg sy ajukan kmrn, mgkn jika txt email sy kmarin mental. Bapak bisa mencoba ke email sy yg ini. fi_pratiwi@yahoo.com. Sy tggu blsan bpak trimakash pak yalun🙂

  6. salam kenal, saya prima dari industrial technology of ipb, sedang membuat tugas akhir tentang xilitol.
    pak, tolong bantu saya mengenai proses produksi xilitol, secara komersial kan xilitol melalui proses hidrogenasi, tapi saya pesimis sulit untuk ditemukan di LAB alat hidrogenasi!!! selain itu mahal pula.tapi kalo ada tolong kasih tau?maka saya mencoba menggunakan tahap bioteknologi, mikroba yang saya tahu dan mudah didapat yeast (Saccharomyces cereviseae) inginya sistem batch, bagaimana?? ada saran tidak pak? saya bingung untuk memulainya? mungkin bisa diberikan info-info terkait seputar xilitol secara bioteknologi ini. terima kasih pak, ditunggu balasannya.

  7. Sejauh ini proses produksi xylitol di industri yang umum adalah proses hidrogenasi baik secara katalitik kimia maupun dengan enzim. Proses fermentasi belum bisa menghasilkan produktivitas yang diharapkan. Namun banyak penelitian yang cukup berhasil dan memberikan prospek bagus. Yeast yang digunakan adalah Candida boidinii atau Candida tropicalis. Saya pernah menggunakan Candida utilis tapi hasilnya tidak terlalu menjanjikan, mungkin tidak banyak melakukan optimasi proses maupun rekayasa genetika. Jika tidak keberatan, saya bisa kirim publikasi kami tentang fermentasi xylose menjadi xylitol.

  8. terima kasih atas balasannya.
    boleh-boleh pak, saya sangat senang sekali untuk dikirimkannya alamat email saya prima_mail@yahoo.com

  9. Salam pak Yalun.

    Perkenalkan saya rieko, mahasiswa S-1 teknik kimia universitas sultan ageng tirtayasa, cilegon. saya sekarang sedang mulai mengerjakan tugas akhir berupa penelitian tentang pembuatan PLA.
    melalui kesempatan ini saya mau minta izin untuk bisa share dengan bapak, atau kalau bapak berkenan membimbing saya dalam mengerjakan tugas akhir ini..

    yang ingin saya tanyakan, sampai saat ini, apa saja bahan baku pembuatan PLA yang telah di komersialisasikan, (setahu saya, baru jagung dan gula bit, apakah sudah ada bahan baku lain pak?), dan dari mana saya bisa mendapatkan literatur lengkap pembuatan PLA baik skala lab maupun industri.

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  10. Halo Rieko,
    Saya bisa bantu dalam hal fermentasi, terutama skala lab. Sejauh ini lactic acid diproduksi melalui fermentasi glucose dari corn starch oleh Lactobacillus. Ada juga penelitian yang menggunakan E. coli dengan bahan baku sucrose. Saya sendiri pernah melakukannya tahun lalu untuk studi awal. Nanti saya kirim ke email Anda.

  11. Salam kenal pak Yalun

    Saya kyra,masih SMA kebetulan saya dapat tugas membuat makalah. saya mengambil tema mengenai bakteri e-coli. nah,saya mau bertanya e-coli itu-kan bisa jadi bermanfat di dalam tubuh tapi juga bisa merugikantubuh seprti diare. pertanyaannya, waktu e-coli menjadi 2-hal ini(bermanfat & rugi) sama atau tidak? lalu bagaimana dengan keadaan bakteri itu ketika ada bakteri e-coli lain yang masuk lewat makanan, apa bakteri yang sebelumnya sudah ada dalam tubuh ikut menjadi racun?

    Terima kasih, saya sangat membutuhkan jawaban dari bapak secepatnya. makalah ini semacam skripsi. tapi menentukan saya lulus SMA juga, selain UN.

  12. Halo Kyra,
    Sebagai pengantar, coba cari buku mikrobiologi dasar. Juga bisa cek link di https://yalun.wordpress.com/2008/10/07/mengenal-bakteri-escherichia-coli/
    E. coli ada yang bersifat pathogen seperti strain O157:H7, O121, O104:H21, UPEC, dll. Sebagian lainnya bersifat non pathogen seperti strain K12, W, B, C, dll. Perbedaannya karena jumlah gen yang berbeda. K12 memiliki sekitar 4500 gen, W 5000 gen, sedangkan O157:H7 5500 gen. Gen yang lebih banyak memungkinkan E. coli memiliki sifat-sifat tambahan, salah satunya bisa menghasilkan racun yg mengakibatkan sakit perut.

    Jika ada dua atau lebih jenis E. coli dalam satu sistem maka akan terjadi kompetisi semacam seleksi alam. Strain yang bisa adaptif dengan lingkungan akan bertahan dan tumbuh sedangkan yg tidak akan tersingkir.

    Apakah E. coli non-pathogen akan jadi pathogen kalau kumpul dengan yg pathogen? Ini amat tergantung sifat dari E. coli tsb. Umumnya gen E. coli itu stabil dalam artian tidak gampang untuk terjadi mutasi. Butuh puluhan tahun untuk mengubah genetika bakteri. Tapi ini bukan berarti tidak mungkin karena mutasi spontan bisa saja terjadi walaupun relatif jarang.

  13. hai Pak Yalun, kenalkan saya Amel. kebetulan kita sama-sama termasuk mereka yang terinspirasi membaca tulisan-tulisannya Pak Herry Tjahjono di Kompas. pas lagi googling mengenai beliau, masuklah saya ke blog ini juga. baru aja saya mau nyalin tulisan beliau di blog saya, ternyata sudah ada beberapa orang yang lebih dulu menuliskan. salam kenal ya🙂, thanks!

  14. Salam Pak Yalun,

    Nggak tau gimana caranya bisa mampir di blog bapak, ternyata di AIBN toh? Saya di Bdg 76, hampir setiap pagi minum kopi di Cafe Nano di bawah. 🙂 Salam kenal, mudah2an ada kesempatan bertemu ya.

  15. I love your site. Keep it up !

  16. Salam kenal,
    boleh saya dapat artikel2 kimia. bagaimana. mhon info

  17. Hai Yalun apa kabar, wah sekarang di ausi ta, ini Joko MIPA Ubaya teman lama, aku mapir di blog ini krn tertarik dengan tulisan soal kum, e ternyata yang nulis temen lama

  18. Salam kenal Pak….

  19. Hi Yalun, how are things with you? I just got the time to check your blog since I came back to the U.S and deal with jet lag and all. Very nice work! I’m proud of you! Keep up the good work…

  20. hai pak yalun
    saya mahasiswa UNJ saya sedang mencari informasi bagaimana cara pembuatan xylitol, pak tolong bantu saya bagaimana cara membuat permen karet berxylitol,saya tunggu balasannya ya pak. trimakasih!

    • Yth Sdr Fenti,
      Saya bisa bantu kasih informasi fermentasi xylitol dengan yeast. Tapi kalau sampai jadi permen karet yang mengandung xylitol itu udah rahasia pabrik.

  21. hai Pak yalun, mau tny soal pembuatan xylitol dari jagung pake proses hidrogenasi …..
    ada jurnal2 atau referensi nda pak?
    bingung neeh …
    nda ada referensi sama skali …
    thanks …

  22. Salam kenal Pak Yalun,

    Nama saya Sinung, saya lulusan teknik kimia UNDIP.Saya berminat sekali meneruskan kuliah di luar negri, special di bidang sustainable energy/energy management.sudah beberapa tahun ini saya gagal terus apply beasiswa. Sekarang2 ini saya lihat ada informasi beasiswa Master Sustainable energy di TU.Twente, TU Delft, dan TU Eindhoven,
    untuk sementara saya masih ambil kursus untuk meningkatkan score toefl..kalau boleh tahu, strategi apa yang harus saya lakukan supaya mendapatkan beasiswa yang saya inginkan?jika berkenan, mohon sharing pengalamannya. O ya, apakah disana ada beasiswa untuk lulusan D3 teknik kimia?
    Sekian,Terimakasih.

    salam,
    Sinung

  23. Salam Mbak Sinung,
    Mohon maaf lama replynya.
    Banyak cara untuk meningkatkan peluang untuk mendapat beasiswa, tergantung jenis beasiswa dan bidang apa yg ditempuh. Umumnya para juri beasiswa ingin yakin jika si penerima tidak hanya memiliki kemampuan akademik bagus namun juga diyakini bisa survive dan lulus. Artinya kekuatan mental dan kepercayaan diri juga dianalisis. Anda harus bisa menunjukkan sikap confident, assertive, dan pantang menyerah di samping nilai-nilai akademik Anda. Jangan malu buat pamer kelebihan, jangan malu juga untuk menunjukkan kekurangan di mana dengan studi di luar negeri akan membantu mengatasi kekurangan Anda.

    Anyway, beasiswa postgrad (S2, S3) selalu untuk lulusan Bachelor (S1).

    Semoga sukses!

  24. hallo, Mr. Yalun.. Skrg q ykin bgt bhwa anda sesuai prkiraanku. Apa kabar kalian semua? Mgkin kalian sudah lupa padaku.. Duluuu q prnah jatuh ‘n hmpir mnimpamu. Ha ha.. Aq Sry/ hong kong.. Ga’tau gmna koq aq bs msuk blog anda.. Anyway, nice to meet u again. GBU

  25. thx tuk reply nya.. Kbr baik ‘n lagi winter.. Australia gmna? Kpn plng ke tanah air? Sorry banget, aq mau tny sesuatu. Sudikah kiranya memberiku ur mother’s phone number? Q pingin bgt ngobrol dgn beliau.. Thx so much. Salam ya bwt istri ‘n ur children. Miss them much

  26. sorry again. Mgkin q tlh slh tulis ur wife’s name.. Maaf bgt, tdk sengaja.. Thanks, q tggu reply nya via email.. GBU

  27. Mr. Yalun, maaf mengganggu, saya mahasiswa dari teknik kimia ITS, saat ini saya sedang mengerjakan TA tentang perancangan pabrik asam sulfat. saya banyak menemukan permasalahan dalam bab neraca energi dan bab spesifikasi alat, apakah Mr Yalun memiliki jurnal atau referensi yang berhubungan dengan ini?
    terimakasih.

  28. Halo Pak Yalun, salam kenal. Saya Lies dari Jakarta, sedang mencari-cari mengenai Biobutanol dan menemukan blog bapak.

    Eh tapi yang saya ingin tanyakan saat ini tidak berkaitan dengan biobutanol, walaupun sangat ingin tahu bagaimana prospek biobutanol di Australia?

    Saya mendapat kesempatan untuk wawancara beasiswa ADS untuk program Master tanggal 19 Jan 2010 mendatang dan kalo boleh tahu, bagaimana tips menghadapi wawancara tersebut?

    Saat ini saya meneliti bidang Renewable Energy, namun untuk seleksi beasiswa tersebut saya belum menemukan universitas di Australia. Ada masukan universitas apa di Australia yang fokus di bidang Renewable Energy?

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam,

    Lies Aisyah

  29. salam kenal pak yalun,.
    saya adalah mahasiswa tingkat akhir di PTN cilegon banten,.
    saya sering baca comment pak yalun di majarimaganize.com tentang teknologi bioethanol,.

    sebelumnya saya minta maaf menggangu waktu bapak,.
    begini pak yalun,.
    TA (Tugas akhir) saya kn pak tentang perancangan pabrik bioethanol dari molase,.
    nah yang saya binggung itu pak,.
    direaktor fermentasinya,.
    dari kemarin saya belum dapat data litelatur tentang konversi reaksi di dalam reaktor tersebut,.
    C6H12O6 menjadi etanol dan CO2 itu berapa yah pak konversinya??
    dan apa reaksi samping dari pembentukan etanol tersebut??
    truzz itu juga pak saya kan kapasitas produksinya itu 28000 ton/thn saya inggung untuk mendapatkan produk tersebut berapakah raw material (molase) yang dibutuhkan,.

    sekali lagi saya mohon maaf yah pak yalun merepotkan bapak,.
    mohon bantuannya yah pak yalun agar saya dapat cepat selesai mengerjakan TA saya tersebut,.
    thanks before,.
    oia jika pak yalun ingin mengirimkan e-mail ke saya,.
    ini e-mail saya pak : reza.muhammad20@gmail.com,.

  30. Salam kenal Pak Yalun =)
    Saya dewi mahasiswi tingkat akhir jur kimia mipa UGM. Saya bermaksud ingin tugas akhir tentang bioetanol. Sekarang masih dalam tahap studi pustaka. Kebetulan kemarin saya membaca komentar anda tentang bioetanol di salah satu web berisi artikel tentng bioetanol, dan dsana Anda juga memberikan saran untuk mencoba mengembangkan ttg biobutanol dengan menggunakan second generation sbg raw matterial. Jika Anda tidak keberatan, saya mohon bantuannya dengan mengirimkan jurnal2 atau artikel tentang hal tersebut sehingga wacana saya bisa bertambah =) ((emai saya: unique_kurr@yahoo.com))

    Baru saja saya mencoba link yang anda cantumkan disana tp ternyata sudah tidak bisa.

    Makasi Banyak Pak =)
    Semoga Tuhan membalas kebaikan Anda…=)

  31. I would like to use your 2 doors image for a video I am working on. I will not be selling it but giving it away. God bless.🙂

  32. Salam kenal pak yalun,

    Saya mahasiswa tingkat akhir D3 Teknik Kimia ITS, saat ini saya sedang mencari tahu tentang biobutanol (karena tugas akhir saya membuat inovasi biobutanol), sekiranya saya memohon bantuan dari pak Yalun mengenai biobutanol.
    Terima kasih sebelumnya.

  33. Salam Pak Yalun, saya Christine mahasiswa teknik kima Unpar Bandung
    saya sedang membuat rancang pabrik pembuatan xylitol, saat sedang cari2 literatur saya menemukan blog bapak.
    saya ingin memohon beberapa bantuan dari bapak jika tidak keberatan.
    apakah bapak pernah melakukan pencarian mengenai impor xylitol di indonesia? saya agak kesulitan menemukannya.
    untuk produksi xylitol, apakah memang paling efektif menggunakan hidrogenasi ya pak?
    karena untuk hidrogenasi membutuhkan tekanan dan suhu yang cukup tinggi.
    untuk bahan bakunya saya pilih bonggol jagung, menurut bapak apakah tepat pilihan saya tersebut? menimbang produksi jagung di indo masi cukup banyak, jadi saya berharap dapat memanfaatkan limbahnya.
    bisakah saya meminta file2 bapak yang berkaitan dengan tugas saya ini?

    terimakasih banyak sebelumnya.

  34. salam kenal q naja mhasswa UNIPA smestr awal.. Kbetulan q dpat tugas dr dosen.. Prtanyaanx gini
    mengapa ikan tidak kentut.? (maaf lw kurang sopan) apa ada bakteri e.coli dalam perut ikan.?

  35. Mas Yalun, salam kenal, saya yamin..saya kebetulan lg bikin buku 90 tahun pendidikan teknik di Indonesia, disana disinggung jg TH Delft…apakah boleh saya minta foto2 TU Delft punya mas Yalun yg di blog..saya tentu saja akan mencantumkan nama mas di kredit fotonya….trimakasih sebelumnya…

  36. saya feni mahasiswi biologi ipb.saya pernah membaca postingan di blog bapak tentang bakteri E.coli. saya ingin menanyakan tentang:
    1. bakteri E.coli yang menjadi faktor pencemaran di wilayah perairan. apakah ada cara atau metode tertentu yg dapat mengurangi jumlah populasi bakteri tersebut?
    2. apakah sanitasi pada air tercemar dapat dipulihkan dengan menggunakan suatu tanaman tertentu?
    mohon jawabannya dikirimkan ke email saya pak,,
    (fenitnrsh@gmail.com) mohon maaf bila merepotkan.
    terima kasih

  37. Hi Yalun. I am Chong from malaysia
    i do have some questions regarding fermentation.
    Can i have your contact email? So i can have more further discussion with you??

    Thanks alot in advance for your kind reply..

  38. Salam pak,salam kenal jg sebelumnya
    saya ingin diskusi mengenai perancangan pabrik bioetanol..boleh saya meminta email bapak, agar lebih memudahkan diskusi…
    terima kasih atas ilmunya pak..
    smoga berbuah kebaikan bagi bapak sendiri🙂

  39. Salam Pak Yalun. Saya Fuad dari Surabaya Pak. Saya lg kerja skripsi/tugas akhir tentang comparison bioetanol dari singkong (cassava) dan biogas dari kotoran ternak. mulai dari teknik sampai keuangan dalam skala rumah tangga. secara tidak sengaja saya tau Pak Yalun di http://majarimagazine.com/2008/02/co-production-of-bioethanol-with-others-biofuels/

    dan saya sedang kesulitan untuk mendapatkan referensi itu Pak. Klo bapak ada file tentang itu, saya mohon kesediaan bapak untuk membantu saya.

    terima kasih pak Yalun.

    Fuad-Surabaya

    Email: fubaro@rocketmail.com
    Cell Phone: 082132430174

  40. salam kenal pak,,
    saya tertarik dengan blognya pak Yalun,,🙂

  41. Salam Kenal pak Yalun,
    Saya David dan sekarang bekerja di industri ethanol. Saya tertarik mendalami tentang bio-butanol karena mulai banyak pabrik ethanol di US yang di-retrofit untuk bisa memproduksi bio-butanol juga. Boleh minta email address Bapak? Terima kasih..

  42. salam sejahtera.

    saya mahasiswa teknk kimia pak yang sedang mengerjakan tugas akhir mengenai xylitol. saya kesulitan mengenai impor xylitol di Indonesia serta jumlah pemakaian terbesar xylitol oleh perusahaan-perusahaan gula ataupun permen. mohon infonya pak. terimakasih.

    salam hormat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: